7 Merk Piston Motor Aftermarket Andalan Mekanik Balap

jejakban.id – Mekanik team balap dan engine builder pasti sudah memiliki preferensi masing-masing mengenai merk piston aftermarket andalannya. Tidak jarang, merk piston ini juga jadi brand aftermarket pilihan pengguna motor harian yang ingin motornya jadi lebih galak.

Jadi, meskipun bukan sparepart fast moving, tetapi piston menjadi part yang kerap dibeli ketika pengguna ingin oversize baik karena ingin motor lebih galak atau karena blok mesin mengalami baret. Apalagi mengingat terkadang pabrikan ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) tidak menghadirkan piston oversize untuk motor tersebut, khususnya untuk motor-motor keluaran terbaru.

Tidak heran, piston aftermarket ini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan piston pabrikan OEM (Original Equipment Manufacturer).

Berikut pilihan piston motor aftermarket yang tersedia di pasaran baik di toko sparepart motor dan speedshop baik melalui toko fisik maupun toko online.

1. LHK

Mekanik balap yang sudah lama berkecimpung di dunia racing pasti familiar dengan merk piston yang satu ini. Piston ini yang original kabarnya made in Thailand dan sudah lama menjadi favorit mekanik balap sampai anak herex.

Khususnya piston forgingnya dengan pen 15 mm dan pen 16 mm, lantaran pistonnya tergolong ringan namun kuat. Tentunya dengan piston forged LHK, mekanik balap enggak perlu ragu untuk membangun mesin dengan kompresi tinggi tanpa takut piston jebol.

Untuk modifikasi dengan ukuran piston yang ekstrim dan kompresi mesin yang tinggi, piston ini memang jadi andalan. Termasuk juga piston hingga ukuran 85mm.

Piston LHK tersedia dalam varian forged dan biasa – image: cahayaspeedshop

Piston forged pen 16 nya tersedia dalam berbagai ukuran dan tersedia dengan harga mulai dari 1.400.000.- hingga 2.400.000.- di toko online, tergantung ukurannya.

Selain itu tersedia juga versi casting dan juga ukuran pen piston lain dengan harga yang lebih terjangkau. Namun untuk tingkat kekerasan kurang direkomendasikan untuk kompresi tinggi.

2. FJN

FJN Fuh Jiunn juga menjadi salah satu pilihan mekanik balap. Piston made in china ini sudah melalui quality control yang ketat, sehingga bukan barang china biasa.

Merk ini cukup terkenal karena menghadirkan piston forging kualitas baik dengan harga yang lebih terjangkau. Karenanya tidak heran jika piston FJN kerap diandalkan untuk dijadikan paket bore up dari berbagai brand aftermarket.

piston forged FJN – image: yt edi sudibyo

Misalnya untuk blok set SRP, IKK dan berbagai paket bore up aftermarket lainnya banyak yang mengandalkan FJN sebagai pistonnya.

Piston FJN sendiri tersedia dalam berbagai ukuran baik dalam pin 13 dan pin 14. Ukuran yang tersedia dari ukuran 53 mm hingga ukuran 76 mm.

3. BRT

Piston besutan Koh Tommy Huang yang kabarnya made in Indonesia ini juga menjadi favorit banyak mekanik balap di Indonesia.

Produk Bintang Racing Team sebelumnya yang cukup terkenal adalah CDI dan ECU nya. Selain itu, BRT juga merilis berbagai part racing lain seperti kampas kopling, pir klep, karburator, kruk as, blok mesin, dan termasuk juga piston.

blok piston BRT dengan variasi pistonnya

Piston forged BRT dirancang untuk kebutuhan balap dan performa tinggi. Dibuat dari paduan aluminum khusus yang kuat dan finishing yang presisi, piston BRT cocok untuk modifikasi motor drag race maupun road race.

Tersedia dalam berbagai pilihan ukuran diameter dan pen piston, serta juga tinggi ring piston dan dome. Termasuk juga piston cebol dan piston mentah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

4. Moto1

Moto1 juga dikenal sebagai pilihan mekanik dan tukang bubut untuk bahan klep dan pistonnya. Ukuran piston Moto1 tersedia dari ukuran standar hingga oversize.

Merk ini unggul karena harga kompetitif untuk sekelas piston forging. Selain itu, jaringan distribusi yang cukup luas juga membuat piston Moto1 cukup diminati.

Selain dalam bentuk piston sendiri, Moto1 juga menjual piston dalam paket block set, lengkap dengan blok mesin.

perbandingan piston Moto1 dan Kawahara – image: yt sahabat bengkel

5. Kawahara

Brand yang satu ini identik dengan tim balap drag race dan kerap menjadi sponsor event balap. Terutama di segmen underbone dan matik, piston kawahara jadi salah satu pilihan yang bisa digunakan sebagai pengganti piston OEM.

Piston Kawahara banyak digunakan di ajang drag dan road race di Indonesia. Beragam varian piston baik secara ukuran, bentuk, dan profil menjadikan piston ini salah satu pilihan yang menarik.

Karena alasan tersebut, piston kawahara kerap menjadi pilihan untuk oprek mesin baik untuk kebutuhan harian, touring, maupun balap.

6. NPP

Mekanik Jawa biasanya suka bercanda dengan menyebut piston ini “niki pun penak” alias ini sudah enak. Ada juga yang mengatakan bahwa kepanjangan dari NPP adalah Nippon Parts. Namun sebenarnya kepanjangan dari NPP adalah Nusa Prima Parts.

Produk-produknya banyak digunakan sebagai pengganti part OEM karena kualitasnya yang setara pabrikan ATPM. Sparepart NPP sendiri terkenal awet dan tahan lama untuk pemakaian harian.

Menariknya, NPP menyediakan piston dengan ukuran oversize yang bahkan tidak dikeluarkan oleh pabrikan ATPM. Karenanya, NPP menjadi salah satu pilihan ketika ingin memodifikasi ringan seperti OS 25, OS 50, OS 100.

piston NPP dan FIM – image: wong motor

7. FIM

Piston keluaran Federal Izumi ini konon katanya memiliki kualitas setara dengan OEM pabrikan.

Brand lokal yang satu ini terkadang dianggap tidak sebaik merk piston lainnya. Pasalnya piston ini masih menggunakan teknologi casting, sehingga piston ini tergolong sedikit lebih berat.

Namun, beberapa mekanik dan tim balap tetap percaya diri menggunakan piston ini untuk kebutuhan kompetisi dan terbukti baik. Menariknya, FIM juga menyediakan piston dengan profil dome untuk mendapatkan kompresi yang tinggi.

Karena itu, merk ini jadi pilihan bagi yang memiliki budget terbatas namun ingin mendapatkan motor dengan piston oversize dengan kompresi tinggi.

Akhir Kata

Itu dia beberapa merk piston yang kerap digunakan mekanik balap selain menggunakan piston OEM dengan ukuran yang lebih besar. Sebenarnya masih banyak brand aftermarket lain yang beredar di pasaran, misalnya CLD.

Dengan hadirnya piston aftermarket di atas, banyak mekanik balap yang terbantu untuk mendapatkan akses terhadap piston dengan profil dome sesuai keinginannya. Bahkan mekanik juga bisa berkreasi dengan menambahkan dimple piston di muka.

Pelanggan yang ingin merasakan sensasi motor oversize dengan kompresi tinggi pun bisa memodifikasi motornya dengan piston di atas.

Namun, tentunya sebelum membeli piston ini di toko online, konsultasikan terlebih dahulu dengan mekanik mengenai merk, ukuran, tinggi ring piston, serta bentuk piston itu sendiri.

Meskipun beberapa piston yang menggunakan ukuran pen piston sama bisa saling tukar, namun terkadang ada perbedaan tinggi dome, tinggi ring piston, dan tinggi skirt piston.

Semoga artikel ini membantu untuk menemukan merk piston aftermarket yang sesuai dengan kebutuhan. -hm


Jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Ikuti juga social media kami di Instagram @jejakban.id dan Twitter @jejakban


Referensi:

  • Tokopedia
  • Piston NPP vs FiM, bagus mana? – https://www.youtube.com/watch?v=jCHIpF0Xnsg
  • Review Piston Forging BRT dan FJN – https://www.youtube.com/watch?v=f6JDwpsTxsA
  • PISTON RACING // PILIH PISTON SESUAI PERUNTUKANNYA – https://www.youtube.com/watch?v=REDnsqWnexs

Post Comment